Selasa, 18 Februari 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Nasional
Kamis, 2 Januari 2020 | 11:12:57
Refleksi Akhir Tahun Anggota DPD RI Pdt DR (HC) WTP Simarmata MA
Sumut Bagus dan Kondusif, Tapi di Sana-sini Masih Ada yang Mengganggu Kenyamanan dan Kebersamaan
Anggota DPD RI Pdt DR (HC) WTP Simarmata MA

Medan (Mahardikanews.com)
Anggota DPD RI Pdt DR (HC) WTP Simarmata MA mengatakan, secara umum Sumatera Utara itu bagus dan kondusif. Makanya, setiap warga harus menjaga kerukunan, kedamaian supaya tidak ada gesekan-gesekan. Suasana Natal bisa mengantar untuk bersahabat karena Tuhan memerintahkan untuk bisa bersahabat bagi semua orang.

"Bersahabat bagi semua suku, ras, semua agama dan semua kondisi sosial. Masyarakat harus bersyukur karena Tuhan memberi anugerah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai falsafah kehidupan yang bisa membawa anak bangsa ke dalam persatuan dan kesatuan," kata WTP Simarmata kepada wartawan saat menyampaikan refleksi akhir tahunnya, Minggu (29/12).

Oleh karenanya, pada akhir tahun ini dan memasuki tahun 2020 dia berharap masing-masing warga memahami bahwa kemajemukan adalah kekuatan dan kekayaan bangsa. Memang manusia diciptakan berbeda, tapi perbedaan jangan malah membuat cekcok bahkan konflik. Setiap orang diciptakan berbeda supaya satu sama lain bisa saling melengkapi.

Menurut Ephorus Emeritus HKBP ini, di sana-sini masih ada hal-hal yang mengganggu kenyamanan dan kebersamaan. Tapi patut diucapkan terima-kasih kepada pemerintah, terlebih kepolisian dan aparat keamanan dan juga kesadaran yang tinggi dari masyarakat berbeda agama yang ikut menjaga suasana yang kondusif ini.

"Secara khusus Sumut memiliki keberuntungan, Presiden Jokowi mengarahkan potensi yang dimiliki bangsa ini untuk membangun pariwisata di Sumut. Ini perlu disambut masyarakat supaya peluang ini diupayakan bersama-sama menggerakkan sebagai kekayaan. Sumut memiliki potensi luar biasa dengan alamnya yang subur dan bisa jadi modal dasar pariwisata dan kekayaan warganya yang beraneka ragam akan menjadikan Sumut sangat kuat, bila perbedaan itu dikelola dengan baik," ucapnya.

Dari sisi lain, WTP berharap pendidikan perlu ditingkatkan, karena belum semua kecamatan memiliki kesetaraan SLTA, jadi kualitas itu penting. Kesejahteraan guru perlu mendapat perhatian dan keadilan antar tenaga pengajar di sekolah swasta dan negeri. Guru negeri selalu mendapat perhatian yang lebih besar, padahal guru sekolah swasta sama-sama mendidik dan mencerdaskan bangsa.

Ke depan kesejahteraan guru, dana pensiun, tunjangan kesehatan dan juga dana untuk peningkatan kualitas harus jadi perhatian.

"Seperti penataran, karena tidak mungkin mereka dituntut untuk berkualitas mendidik anak-anak kalau mereka tidak diberikan penataran. Apalagi tentang sertifikasi guru-guru negeri cukup memuaskan tapi guru swasta sulit mencapai sertifikasi itu. Tak mungkin kita meminta mereka bekerja keras kalau kesejahteraan mereka tidak bagus," ungkap WTP Simarmata.

Hal lain yang perlu mendapat perhatian kata dia adalah, fasilitas umum kepada kaum disabilitas, pertokoan, rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum supaya dipersiapkan untuk kaum disabilitas. Dia bersama panitia ahli sedang menyusun supaya ada Perda yang ramah kepada kaum disabilitas, lingkungan hidup dan lain-lain.

"Saya duduk di komite III membidangi pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pariwisata, agama-agama dan lainnya. Juga sebagai anggota Badan Akuntabilitas Publik, bertugas untuk menindaklanjuti temuan-temuan BPK, KPK, Ombudsman di daerah-daerah.

Baru 2 provinsi yang kami kunjungi sesuai penugasan dari pimpinan DPD yakni NTT dan NTB. Saya juga anggota Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) yaitu membangun kerja sama parlemen di seluruh dunia, saling menopang dan bertukar pikiran," paparnya. (sumber harian SIB)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!