Kamis, 09 April 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Nasional
Minggu, 1 Maret 2020 | 11:22:31
Advertorial Pemkab Rokan Hulu
Pengendalian Intern Pemkab Rohul level Tiga
MAHARDIKANEWS TIM
Bupati Rohul terima penghargaan SPIP, saat kegiatan pengukuhan Kepala BPKP perwakilan Provinsi Riau, di Balai Pauh Janggi komplek perumahan Gubernur Riau Kota Pekanbaru.
ROKAN HULU 
(mahardikanews) 
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI beri penghargaan maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) ke Pemkab Rokan Hulu (Rohul).

Prestasi atas penghargaan maturitas SPIP diberikan langsung oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP RI Dadang Kurnia kepada Bupati Rohul Sukiman, saat kegiatan pengukuhan Kepala BPKP perwakilan Provinsi Riau, di Balai Pauh Janggi komplek perumahan Gubernur Riau Kota Pekanbaru, Jumat (21/2/2020).

BPKP pusat mengklaim Pemerintah Kabupaten Rohul telah berhasil memperoleh tingkat maturitas SPIP level 3 (tiga) atau berada pada level terdefinisi. Ditingkat level tersebut, Pemkab Rohul dinilai telah melakukan praktik pengendalian intern terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dan semuanya sudah terdokumentasi dengan baik.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Inspektorat daerah Kabupaten Rohul sebagai Leading sektor pelaksanaan SPIP, kemudian seluruh tim SPIP Kabupaten, termasuk para kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohul”, kata Sukiman, saat menerima penghargaan didampingi Inspektur Inspektorat Rohul Helfiskar, dan Sekretaris Alreza Ahyu.

Penghargaan yang diterima diharapakannya dapat bertahan serta ditingkatkan lagi ke level lebih tinggi, yakni dengan melakukan penyempurnaan-penyempurnaan disetiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Sementara menurut Inspektur Inspektorat Rohul Helfiskar, diperolehnya penghargaan maturitas SPIP level 3 harus melalui proses dan rangkaian penilaian yang cukup panjang. Sistem SPIP terangnya merupakan proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan pegawai.

Proses integralnya dalam memberi keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan-kegiatan yang efektif, efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

SPIP juga bagian amanat dari pasal 2 PP 60 tahun 2008 yang menyatakan dalam mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif efisien transparan dan akuntabel, Menteri/ Pimpinan Lembaga,  Gubernur, dan Bupati/ Walikota wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. 

Sedangkan maturitas SPIP adalah tingkat kematangan atau kesempurnaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah guna mencapai tujuan pengendalian.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh tim SPIP Inspektorat daerah Kabupaten dan tim SPIP Kabupaten Rohul yang telah bekerja keras. Semoga dengan penghargaan ini kita dapat lebih meningkatkan pengendalian internal kita dalam seluruh pelaksanaan kegiatan, sehingga apa yang menjadi tujuan SPIP itu sendiri dapat tercapai dengan sempurna”, imbuh Helfiskar.
(adv-kominfo)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!