Minggu, 07 Juni 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Nasional
Kamis, 9 April 2020 | 20:54:23
SPS Desak insentif untuk Perusahaan Pers dan Jurnalis terdampak COVID-19
MAHARDIKANEWS TIM
Logo serikat perusahaan pers (SPS)/ Asosiasi Pers/ organisasi tempat berkumpulnya para penerbit Pers dan Media.
BANDUNG 
(mahardikanews) 
Serikat Perusahaan Pers (SPS) mendesak pemerintah pusat memberikan insentif kepada perusahaan pers dan jurnalis.

“Kita desak karena semakin banyaknya perusahaan pers yang tumbang di tengah pandemi COVID-19, mulai dari menurunnya pendapatan iklan, daya beli, hingga lonjakan biaya operasional media cetak. Desakan dan aspirasi untuk membantu perusahaan pers yang sudah banyak masuk ke SPS, baik dari pusat dan daerah”, kata Ketua Harian SPS Pusat Januar P Ruswita, Selasa (7/4/2020), di Bandung.

Upaya yang dilakukan terangnya sudah menjadi kajian SPS Pusat selama beberapa minggu terakhir dan sudah didiskusikan secara mendalam, serta menyusul banyaknya desakan dari pelaku usaha pers agar pemerintah lebih memerhatikan keberlangsungan perusahaan media.

Pihaknya mengklaim, hanya perusahaan pers yang terdampak dan terdaftar sebagai anggota SPS serta sudah terverifikasi Dewan Pers saja yang berhak menerima insentif dari pemerintah nantinya.

SPS Pusat juga mendorong agar pemerintah tak hanya memberi perhatian kepada perusahaan pers, melainkan terhadap para jurnalis yang terjun langsung ke lapangan selama pandemi berlangsung. Insentif yang diberikan dapat berupa Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi wartawan yang mengalami pemotongan gaji imbas pandemi dan fasilitas alat pelindung diri atau APD jurnalis yang bertugas meliput Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19.

Januar menyatakan usulan pemberian insentif kepada perusahaan pers secara detil dan rinci telah disampaikannya kepada pemerintah melalui Dewan Pers pada Selasa 7 April lalu.

“Semoga secepatnya Dewan Pers menyampaikannya kepada Pemerintah untuk direalisasikan. Apalagi media atau pers merupakan garda terdepan penyalur informasi seputar COVID-19 kepada publik. Kita juga berharap prahara virus corona ini segera berlalu”, ujar Ketua Harian SPS Pusat, Januar P Ruswita.
(red-mnc)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!