Jum'at, 20 Juli 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Nasional
Sabtu, 24 Agustus 2013 | 06:22:27
350.000 Warga Kota Medan Belum Rekam e-KTP
birokrasi.kompasiana.com
e-KTP
MEDAN(MAHARDIKAnews): Masih ada sekitar 350.000 warga Kota Medan belum melakukan perekaman e-KTP. Padahal batas berlakunya kartu tanda penduduk (KTP) lama akan berakhir 31 Desember 2013.

Artinya, waktu tersisa hanya sekitar empat bulan lagi. Padahal, warga yang sudah melakukan perekaman pada tahun lalu hingga kini masih banyak yang belum menerima e-KTP tersebut. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Medan Muslim Harahap mengatakan, sesuai surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tertanggal 24 Juli 2013 No 471.13/3938/SJ/- 2013 tentang Percepatan dan Pengembangan KTP Elektronik, 31 Desember 2013 merupakan batas akhir berlakunya KTP lama.

Hingga kini baru 1.320.000 warga Medan yang melakukan perekaman. Sementara sisanya 350.000 orang belum melakukan perekaman. Untuk itu dirinya mengimbau kepada seluruh warga Kota Medan segera melakukan perekaman e-KTP. “Kami tidak mau nanti masyarakat mengalami kendala, karena kebutuhan e-KTP ini sangat penting. Makanya jangan sampai masyarakat yang belum ada melakukan perekaman,” ujarnya, Jumat 23 Agustus 2013.

Meski masih banyak warga yang belum melakukan perekaman, pihaknya optimistis bisa diselesaikan sebelum 31 Desember. ”Kami usahakan. Saat ini alat perekaman e-KTP masih di kecamatan, belum dilakukan penarikan,” katanya.

Muslim mengaku telah mengimbau seluruh camat dan lurah di kawasan Kota Medan untuk menyosialisasikan mengenai masa berlaku KTP lama ini. Hal tersebut diharapkannya sekaligus sebagai informasi agar masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP bisa segera melakukan perekaman.

Untuk menghindari adanya kesulitan yang dialami warga akibat tidak berlakunya lagi KTP lama, warga dipersilakan mendatangi Kantor Disdukcapil yang terletak di Jalan Iskandar Muda, Medan, atau mendatangi kantor-kantor camat setempat. “Untuk mengantisipasi hal ini, kita sudah berkoordinasi dengan para camat dan lurah agar terus melakukan sosialisasi ke masyarakat. Selain itu juga mengimbau masyarakat agar melakukan perekaman e-KTP yang dapat dilakukan di kantor-kantor camat setempat,” tukasnya.(R4)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!