Selasa, 23 Oktober 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Pendidikan
Senin, 17 Juli 2017 | 17:25:10
Terkait PPDB Kemendikbud Berlakukan Ketentuan Zonasi, Siswa Wajib Diterima Pada Radius Terdekat
Toman Sipahutar
Mahnizar  SPd MPd, Kabid Pembinaan dan Pengembangan, Disdik Kabupaten Pelalawan. Foto Dipetik, Kamis 13-7-2017
Pelalawan (Mahardikanews)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, keluarkan Peraturan Menteri Nomor 17 Tahun 2017, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah  Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat.  Mulai tahun ajaran 2017/2018 harus mengikuti ketentuan  Zonasi, yakni peserta didik wajib diterima di sekolah yang terdekat dengan rumah. Permendikbud ini bertujuan untuk memberikan acuan dan pedoman bagi Satuan Pendidikan dalam menyelenggarakan proses penerimaan siswa baru agar dilakukan secara objektif, akuntable, transparan, dan tanpa diskriminasi guna meningkatkan akses layanan pendidikan.
Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan, melalui Kabid Pembinaan dan Pengembangan SMP, Mahnizar SPd MPd kepada mahardikanews.com, Kamis (13/7) di ruang kerjanya. 
Lebih jauh disebutkan Manager dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pusat ini, degan turunnya Permendikbud tersebut tentu  ini sangat baik karena terjadi penyebaran, tidak hanya satu sekolah yang dikejar oleh masyarakat. Dengan Permendikbud itu juga sudah ada ketentuan jumlah peserta didik dalam satu Rombongan Belajar (Perombel) untuk SMP yaitu paling sedikit 20 (dua puluh) dan paling banyak 32 (tiga puluh dua) peserta didik. Jumlah Rombongan Belajar pada sekolah paling sedikit 3 (tiga) dan paling banyak 33 (tiga puluh tiga), atau masing-masing tingkatan 11 (sebelas) Rombongan Belajar, ungkapnya. 
Masih menurut  Mahnizar, dalam Undang-Undang tersebut pada pasal 38 ayat a, ditandaskan, pada PPDB kelas 7 (tujuh) SMP tahun ajaran 2017/2018 ini, wajib menyesuaikan ketentuan jumlah peserta didik dalam satu Rombongan Belajar dan jumlah Rombongan Belajar pada sekolah. Selanjutnya pada pasal 38 ayat c, juga disebutkan untuk kelas 8 dan 9 SMP wajib menyesuaikan ketentuan tersebut paling lama 2 (dua) tahun sejak tanggal diundangkan, pungkasnya. 
Oleh karenanya, diharapkan kepada para orang tua murid untuk tidak ngotot menyekolakan anaknya ke salah satu sekolah tertentu ataupun yang diinginkannya, dan daftarkanlah ke sekolah yang dekat dengan rumah, terang mantan Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA/SMK Disdik Pelalawan ini. (Toman Sipahutar)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!