Sabtu, 15 Desember 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Pendidikan
Kamis, 8 November 2018 | 20:49:10
Hanya 35 Pelamar Capai Passing Grade
MAHARDIKANEWS TIM
Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Kepegawaian Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rokan Hulu, Heni Widiastuti‎.
Pasir Pengaraian
(mahardikanews)
Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rokan Hulu menerima data hasil peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ujian berbasis Computer Assisted Tes (CAT) dari Tim Pelaksana CAT Badan Kepegawaian Nasional atau BKN Regional XII Pekanbaru.

Kepala BKPP Rokan Hulu Muhammad Zaki, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Kepegawaian Heni Widiastuti‎, mengatakan peserta pelamar CPNS Rokan Hulu yang mengikuti ujian SKD CAT, pada Minggu (4/11) hingga Senin (5/11) lalu di Hotel Labersa Siak Hulu Kabupaten Kampar, jauh dari harapan yang seharusnya memenuhi Passing Grade atau persentase nilai Ambang Batas.

Jauh dari harapan, Terang Heni, karena hanya berjumlah 35 peserta dari 4.040 pelamar. Jumlah itu Menurutnya, belum sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) nomor 37 tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS tahun 2018.

"Hasil nilai ujian CAT SKD CPNS Rokan Hulu yang diserahkan Tim Pelaksana CAT BKN Regional XII Pekanbaru lalu berjumlah 4.005 pelamar. Hasil ujian itu masih dibawah passing grade atau belum penuhi Nilai Ambang Batas", terang Kabid Perencanaan Kepegawaian BKPP Rokan Hulu Heni Widiastuti‎, Rabu (7/11/2018), di Pasir Pengaraian.

Data hasil ujian SKD CPNS sistem CAT yang diterima BKKP Rokan Hulu, pada Senin (5/11) lalu, Sebutnya, berupa Nama, Nomor ujian dan masing-masing nilai peserta ujian seperti Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Inteligensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan TWK) yang ditotalkan dalam nilai hasil ujian tersebut.

Heni menilai, poin hasil ujian SKD CAT CPNS Rokan Hulu dari 4.005 jumlah peserta masih dibawah Ambang Batas passing grade. Sementara nilai 35 peserta yang penuhi passing grade sesuai Permen PANRB, yakni minimal 143 untuk TKP, 80 TIU dan 75 untuk TWK.

Berdasarkan absensi, Pihaknya mendata, dari 4.322 total pelamar CPNS Rokan Hulu yang akan mengikuti ujian SKD basis CAT, hanya 4.040 peserta yang lulus seleksi administrasi. Sedangkan 282 pelamar lainnya memang tidak hadir saat ujian di Hotel Labersa Kampar.

Dari 4.040 peserta CPNS Rokan Hulu yang lulus seleksi administrasi dan mengikuti ujian SKD CAT di Hotel Labersa, Ia menyebut pelamar yang meraih nilai tertinggi atas nama Rio jabatan Teknis dengan rincian 152 nilai TKP, 125 TIU dan 120 nilai TWK, total nilai berjumlah 397.

Heni menerangkan, data yang diberikan Tim Pelaksana tidak menyatakan pelamar CPNS lulus dalam ujian SKD CAT. Karena untuk hasil kelulusan ujian, Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Rokan Hulu masih menunggu keputusan Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas.

"Dari hasil ujian SKD CPNS Kabupaten/Kota se- Riau itu semuanya hampir sama. Ribuan peserta tidak lewati passing grade. Kuota formasi CPNS Rokan Hulu berjumlah 276, ditambah 2 untuk tenaga honor K2. Hasil pelaksanaan ujian yang telah penuhi passing grade hanya 35 pelamar. Untuk penentuan kelulusan ujian nantinya, Kita masih akan tunggu keputusan dari Panselnas", tandasnya.

Heni Widiastuti‎ menambahkan, berdasarkan jadwal usai mengikuti ujian SKD, para peserta yang lulus atau memenuhi passing grade nantinya akan kembali berhak melanjutkan ujian Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.*amb
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!