Minggu, 26 Mei 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Pendidikan
Rabu, 24 April 2019 | 20:58:28
67 Murid dari Sejumlah Sekolah Ikuti Sosialisasi yang Ditaja PWI Rohul
MAHARDIKANEWS TIM
Pemberian cendera mata oleh ketua PWI Rokan Hulu Engki Prima Putra, kepada kepala SMKN 1 Ujung Batu Sabaruddin S.Ag, di aula SMKN 1 Ujung Batu, Rabu (24/4/2019).
UJUNG BATU 
(mahardikanews) 
Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengadakan kegiatan sosialisasi Jurnalistik Dasar dan Tolak Hoaks di aula SMKN 1 Ujung Batu, Jalan Ngaso- Ujung Batu, Kecamatan Ujung Batu, Rohul, Riau.

Ketua panitia pelaksana Faisal Hutasuhut, menyebutkan kegiatan yang dipusatkan di SMKN 1 Ujung Batu dihadiri 67 orang peserta dari perwakilan siswa/siswi MAN 1 Rohul, SMAN 2 Ujung Batu, SMK Islam Inayah Ujung Batu, serta perwakilan pelajar SMAN 1 dan SMKN 1 Tandun.

Tujuan kegiatan, terang Wartawan Harian Pekanbaru Pos itu, untuk pengenalan sekaligus wawasan para pelajar untuk memahami dasar-dasar jurnalistik, dan cara mengatasi informasi yang dikategorikan sebagai berita Hoaks (berita bohong atau palsu).

Sementara, ketua PWI Rohul Engki Prima Putra, dalam kesempatan itu menyampaikan kegiatan jurnalistik dasar yang di gelar merupakan salah satu program kerja pengurus dan anggota PWI Rohul tahun 2019, untuk menguraikan bimbingan dan pendidikan jurnalistik pada murid-murid Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang berada di Kabupaten Rohul.

“Berkat support dari kawan-kawan dan apresiasi elemen yang terlibat, PWI Rohul yang berdiri sejak 2008 silam akan terus memberikan edukasi kepada para peserta didik SLTA di Rohul untuk pengembangan potensi diri siswa/i dalam wujud proses pembelajaran jurnalistik yang lebih baik”, kata Engki Prima Putra, Rabu (24/4/2019) pagi, di muka puluhan peserta didik jenjang SMA sederajat dari berbagai sekolah di Kecamatan Ujung Batu dan Kecamatan Tandun.

Dihadapan para musyawarah pimpinan kecamatan atau muspika Ujung Batu dan puluhan pelajar, Engki (Wartawan Riau Pos), bersama Sekretaris Amin Sukri (Koran MX), Wakil Ketua bidang organisasi Maruba P Habeahan (Harian SIB), serta sejumlah pengurus dan anggota PWI Rohul lainnya turut mendefinisikan tentang tugas-tugas pokok dasar jurnalistik, tugas dari profesi wartawan, dan upaya dalam mengatasi Hoaks di kalangan masyarakat khususnya terhadap para pelajar.

Sedangkan, Camat Ujung Batu Arie Gunadi, mengapresiasi para murid yang memiliki bakat atau gemar menulis dan ingin berprofesi seperti seorang wartawan. Para murid yang mempunyai ilmu tersebut diharapkan dapat menyalurkan dan meningkatkan bakatnya di kemudian hari.

Terkait Hoaks yang saat ini mengkhawatirkan masyarakat, Camat menginginkan siswa/i mampu mengantisipasi dengan memilah dan mencari tau terlebih dahulu kebenaran informasi yang saat ini sangat mudah di akses melalui handphone seluler android, sehingga tidak ikut menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

“Kiranya adik-adik sekalian dapat memfilter (menyaring) jika menerima informasi, cek and ricek dan konfirmasi dahulu. Lalu analisa dan cermati dengan menanyakan kepada orang yang terlibat langsung. Jangan tanya ke orang yang bimbang, agar kebenaran informasi bisa akurat dan tidak merugikan satu pihak”, pesan Arie Gunadi.

Arie menilai, generasi muda saat ini merupakan objek yang sangat dituju oleh pelaku penebar Hoaks. Selain Hoaks, kalangan generasi muda kini juga dinilai sangat mudah terpengaruh oleh Narkoba.

“Kegiatan ini sangat pas dilaksanakan untuk anak-anak muda dan kaum Milenial. Jadi Milenial harus bisa menyikapi sebuah informasi itu dengan baik. Kemudian juga jangan sia-siakan masa depan kalian dengan Narkoba, apalagi ini waktu kalian untuk melihat jati diri, lakukanlah kegiatan-kegiatan positif”, imbuh Camat Ujung Batu Arie Gunadi, didampingi Danramil Kapt Inf Saiful Arif, dan kepala UPTD Dukcapil Ujung Batu Agus Riyanto SP.

Disamping itu, kepala SMKN 1 Ujung Batu Sabaruddin S.Ag, mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan anggota PWI Rohul atas penajaan kegiatan jurnalistik dasar dan sosialisasi dalam mengantisipasi informasi berita Hoaks.

Sosialisasi tersebut diharapkan dapat menjadi kegiatan rutinitas PWI dikalangan siswa/i sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Ujung Batu dan Kecamatan lainnya, guna memberikan ilmu-ilmu dasar jurnalistik, serta pandai memilah informasi yang baik dan benar demi persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai thema yang bertajuk "Melalui sosialisasi jurnalistik dasar dan tolak Hoaks ciptakan generasi Bangsa yang bijak".

Diakhir kegiatan, Panit I Reskrim Ujung Batu Iptu Jon Heri SH dihadapan puluhan murid mengutarakan materi tentang dasar hukum Hoaks, ciri-ciri dan bentuk Hoaks, penyebab dan dampak, sanksi dan ketentuan pidana terhadap penebar, serta langkah sederhana untuk mengidentifikasi antara kabar Hoaks dengan kabar asli.

Seorang siswa, Romansyah kelas XI dari SMK Islam Inayah Ujung Batu di penghujung sosialisasi itu menanyakan upaya aparat Kepolisian dalam menghadapi para pelaku penebar berita bohong yang dinilai sangat berbahaya seperti virus pemecah masyarakat.

Menanggapi itu, Iptu Jon Heri memastikan pihak Kepolisian akan melakukan upaya dan tindakan melalui tim khusus yang di bentuk untuk mengejar, menangkap, dan mengadilinya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.*(amb/mnc)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!