Sabtu, 20 Juli 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Pendidikan
Senin, 24 Juni 2019 | 23:11:25
Disdik Pelalawan Terapkan PPDB 2019
TOMAN SIPAHUTAR
Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, Martias, di ruang kerjanya. (MAHARDIKA FOTO/ Toman Sipahutar)
PELALAWAN 
(mahardikanews) 
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan mulai melakukan penyesuaian dan menerapkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Kepala Disdik Pelalawan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar, Martias, menguraikan penyamaan dan ketentuan-ketentuan tersebut sebagai acuan SE Mendikbud nomor 3 tahun 2019, sekaligus mengganti Peraturan Mendikbud (Permendikbud) nomor 51 tahun 2018 menjadi Permendikbud nomor 20 tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019.

“Bahwa tentang PPDB tahun 2019 beda dengan tahun yang lalu (2018). Kalau tahun ini sistem zonasi tempat tinggal anak tanpa melihat jaraknya, tapi ada Peraturan Bupati atau Perbup-nya nomor 49 tahun 2019 tentang lokasi-lokasinya. Ini perlu di ekpose supaya masyarakat paham”, kata Martias, Senin (24/6/2019), di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Acuan atau pola dari Permendikbud sesuai zona terdekat dicontohkannya seperti SD Negeri Bernas Pelalawan. Diseputaran wilayah itu, SDN Bernas wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili sesuai zona, yakni dari Jalan Bakti Praja, Tengku Jaafar, Seminai, dan dari Jalan Akasia.

Kemudian pada saat penerimaan, anak calon siswa akan terlebih dahulu dilakukan perangkingan atau urutan usia murid siswa-siswi sesuai umur yang tertinggi ke urutan usia terendah untuk mencukupi jumlah total seluruh peserta didik yang mendaftar ke sekolah.

“Contohnya pihak sekolah hanya menyerap calon peserta didik sebanyak 100 siswa, namun yang mendaftar 150 siswa, cara untuk menerima yang 50 siswa lagi dalam zona berbagai sekolah itu tentu dipilih dengan rangking umur dari tertinggi, dan faktor yang layak diterima itu berumur 7 tahun”, tandas Kabid SD Disdik Pelalawan Martias.*(red/mnc)



Editor: H. A.
Pewarta: Toman Sipahutar
©2019 MAHARDIKANEWS
all rights reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!