Sabtu, 15 Agustus 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Pendidikan
Selasa, 23 Juni 2020 | 08:18:56
Advertorial Pemkab Rokan Hulu
Pemkab Rohul kerjasama dengan Unilak
MAHARDIKANEWS TIM
Sekda Kabupaten Rohul Abdul Haris dan Dekan FIA Unilak Alexsander Yandra, menandatangani nota kesepakatan, di aula Islamic Center, Pasir Pengaraian, Jumat.
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Pemkab Rokan Hulu (Rohul) sepakat bekerjasama dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak) dalam peningkatan kualitas SDM ASN dan penelitian.

“Kerjasama ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN) dan penelitian. Kerjasama dengan Unilak ini merupakan lanjutan dari MoU yang dilakukan Bupati bersama Rektor Unilak beberapa waktu lalu”, kata Sekretaris Daerah Rohul Abdul Haris, dihadapan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Unilak Alexsander Yandra, Jumat (19/6/2020), di aula Islamic Center, Pasir Pengaraian.

Nota kesepakatan atau Memorandum of Agreement (MoA) yang digelar terangnya merupakan lanjutan dari nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) lalu. Tujuannya memberikan kesempatan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi atau FIA Unilak untuk melaksanakan magang di lingkungan Pemkab Rohul serta peningkatan SDM ASN lainnya dengan FIA Unilak.

Kolaborasi dengan Yayasan Raja Ali Haji tersebut diakuinya sudah dijalani sejak tahun 2001 silam saat Rohul masih baru mekar dari Kabupaten Kampar Provinsi Riau, sehingga peran Unilak untuk peningkatan SDM pegawai dinilai sangat luar biasa. Selain itu, ilmu beberapa angkatan yang mengikuti pendidikan sebelumnya telah dimanfaatkan.

“Baik secara formal, Unilak menyatakan bersedia jalin kerjasama agar ASN kita juga tetap memiliki kesempatan untuk lanjutkan pendidikan. Kita pun sudah mengirim dan mengikutsertakan beberapa ASN untuk melanjutkan jenjang pendidikan di Strata 2 (S2) sebagai terusan dari S1. Kedepan, kita juga akan terus mendorong bagaimana para ASN di Rohul tingkatkan pendidikannya”, ujar Abdul Haris, sembari mengaku melakukan kerjasama dengan panduan protokol kesehatan COVID-19.

Sementara Dekan FIA Unilak Alexsander Yandra, menyatakan pihaknya siap bersinergi dan berkolaborasi dari visi pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan Pemda Kabupaten Rohul dalam program peningkatan kapasitas ASN.

Unilak diklaimnya bersedia membangun suatu komitmen bersama dalam sinergisitas dengan pemerintah-pemerintah daerah di Riau, khusunya di Rohul negeri seribu suluk. Apalagi beberapa pejabat Pemkab Rohul merupakan alumni Unilak.

Alexsander juga mengaku terharu dan senang melihat kiprah dari alumni-alumni Unilak saat ini yang banyak mengisi jabatan struktural di lingkungan Pemkab Rohul, seperti Sekda, para Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi, maupun Camat. Kontribusi ilmu dari Unilak terhadap pemerintah daerah Rohul dilihatnya memang sudah sangat dirasakan.

Para Alumni dinilainya telah menjadi entitas penting dalam membangun jejaring (networking) untuk membesarkan fakultas di Unilak. Kedepannya, alumni-alumni tersebut merupakan entitas yang sangat penting sebagai ujung tombak dalam membangun komitmen dan regenarasi bagi generasi lulusan berikutnya.

“Kami sangat terbuka untuk ASN Rohul yang ingin melanjutkan studi di Universitas Lancang Kuning khususnya di program studi administrasi dan magister administrasi publik. Kami sangat menunggu kehadirannya”, imbuh Dekan FIA Unilak Alexsander Yandra.

Dalam nota kesepakatan atau Memorandum of Agreement (MoA) itu, pihaknya turut menawarkan beberapa poin-poin yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pendampingan, dan pemberdayaan masyarakat desa serta sejumlah program lainnya di lingkungan Pemkab Rohul.
(adv-kominfo)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!