Rabu, 24 Januari 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Peristiwa
Jumat, 11 Desember 2015 | 23:41:51
Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kecamatan Rambah
Pasir Pengaraian (Mahardikanews)
Hujan yang mengguyur kawasan Rokan Hulu (Rohul) selama semalaman menyebabkan sungai besar dan anak sungai meluap hingga ke pemukiman masyarakat, Jumat (11/12). Seperti di Kecamatan Rambah, ratusan rumah di lima desa dilaporkan terendam banjir.

Camat Rambah Arie Gunadi menerangkan lima desa yang terendam banjir, yakni Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Koto Tinggi, dan Kelurahan Pasirpangarain.

Daerah terparah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batang Lubuh terjadi di Desa Babussalam. Sekira 500 rumah terendam banjir dengan ketinggian air di atas lutut orang dewasa.

Di Dusun Tanjung Harapan, Kelurahan Pasirpangaraian, sekira 190 rumah ditempati 200 kepala keluarga (KK) juga terkena dampak akibat meluapnya Sungai Batang Lubuh.

‎Banjir di Desa Rambah Tengah Hulu sendiri merendam sekira 174 rumah, Dusun Tulang Gajah Desa Pematang Berangan 79 rumah, dan Desa Koto Tinggi ada sekitar enam rumah terendam.

Sebagai tindakan awal pihak kecamatan, jelas Arie, pihak kecamatan telah menyalurkan bantuan berupa makanan cepat saji, seperti ikan kaleng, mie instan, dan makanan cepat saji lan.

Ia mengakui Pemerintah Kabupaten Rohul juga telah mendirikan Posko Bencana Banjir di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) di Pasirpangaraian, atau di dekat jembatan Sungai Batang Lubuh.

"Kalau masyarakat membutuhkan sesuatu, silahkan datang ke Posko (Bencana Banjir)," ujar Arie dan mengimbau masyarakat yang rumahnya terendam untuk mengungsi ke Posko Bencana Banjir di Markas PMI Rohul.

Ia menghimbau masyarakat yang terkena dampak banjir untuk segera melaporkan segala sesuatunya yang bersifat urgent, sehingga pihak kecamatan segera melaporkan ke instansi terkait, agar bantuan segera disalurkan.

Arie juga mengingatkan masyarakat, selama musim banjir untuk selalu waspada dalam bencana banjir, termasuk memantau anak-anak mereka, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Mar)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!