Kamis, 09 April 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Peristiwa
Rabu, 4 Maret 2020 | 20:48:59
PT SAI Lakukan Fogging Nyamuk DBD, Kades LUBERTI Ucapkan Terimakasih
MAHARDIKANEWS TIM
Petugas proteksi tanaman (protan) PT Sawit Asahan Indah (SAI) melakukan fogging di permukiman warga Desa Lubuk Bendahara Timur Rokan IV Koto, Rabu (4/3/2020).
Rokan IV Koto 
(mahardikanews) 
Manajemen PT Sawit Asahan Indah (SAI) melakukan fogging atau pengasapan nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di Desa Lubuk Bendahara Timur (Luberti).

Administratur PT SAI Sumarno, melalui Kepala petugas pengembangan masyarakat atau Community Development Officer (CDO) Ilka Iskandar, mengatakan dalam kegiatan fogging di kawasan permukiman warga desa Luberti pihaknya menurunkan 5 petugas tim proteksi tanaman (protan).

“Giat sosial ini sebagai upaya membantu pencegahan menyebarnya penyakit DBD pada masyarakat desa ring satu perusahaan”, kata Ilka, yang dihadiri Kepala Puskesmas I Rokan IV Koto Hj Kholida Hosni, Kepala Desa Luberti Fahri Abdullah, Asisten protan PT SAI Gandi Muhidin, dan masyarakat setempat, Rabu (4/3/2020), di Luberti Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Aksi cepat Fogging yang dilakukan terangnya setelah menerima informasi dari pihak Puskesmas bahwa terdapat sejumlah warga positif DBD di Desa Luberti. Penyakit DBD dinilai sangat berbahaya, sehingga manajemennya langsung tanggap untuk menanganinya.

Sampai saat ini, pihaknya mengklaim masih menerima laporan dari 1 desa (disekitar perusahaan) yang warganya terkena dampak penyakit DBD. Jika dikemudian hari kembali mendapat laporan dari Puskesmas atau pihak desa tetangga, PT SAI dipastikannya komit dan siap menerjunkan tim guna memberantas kasus penyakit DBD.

Selain memberantas habitat nyamuk DBD, Ilka Iskandar bersama rombongan turut memberikan saran ke warga agar memutus siklus hidup nyamuk berbahaya tersebut dengan cara meningkatkan kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M (menguras, menutup, mengubur).

Kades Luberti Fahri Abdullah, mengucapkan terima kasih ke pihak manajemen PT SAI astra agro lestari grup yang turun langsung bersama rombongan tim protan untuk melakukan fogging di sekitaran parit kawasan pemukiman warga.

Kades menyebutkan, titik-titik dan objek sasaran pengasapan oleh tim protan meliputi parit atau selokan serta rumah-rumah kosong yang berada di wilayah RT 001 sampai RT 004. Berharap setelah fogging dan 3M yang dilakukan, warganya aman dan selamat dari DBD.

Sementara Kepala Puskesmas I Rokan IV Koto Hj Kholida Hosni, mendata warga Desa Luberti yang terkena DBD berjumlah 5 orang. Para pasien diakuinya sudah mendapatkan penanganan medis seperti cek darah dan trombosit di laboratorium.

Fogging lewat bantuan dari manajemen PT SAI menurutnya hanya bersifat sementara membunuh induk-induk nyamuk yang aktif. Hal terpenting perlu adanya kesadaran masyarakat melakukan 3M (menguras bak mandi, menimbun kaleng dan ban bekas, dan menaburkan bubuk Abate ke bak penanmpungan air yang menjadi tempat berkembangnya nyamuk DBD).

“Jentik nyamuk DBD bukan hanya bertelur di selokan saja, namun bisa juga tergenang di air jernih”, ujar Kepala Puskesmas I Rokan IV Koto Hj Kholida.
(red-mnc)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!