Senin, 24 September 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Politik
Kamis, 5 Juli 2018 | 12:40:38
KPU Rohul Rekap Surat Suara, Syamsuar-Edy Sukses Raih 69.946 Suara
KPU Rokan Hulu gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara, di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian, Rabu (4/7/2018) siang/ KPU Daerah Rohul

Pasir Pengaraian

(MahardikaNews)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara dari setiap Kecamatan ditingkat Kabupaten dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018.

Fahrizal mengaku, pelaksanaan Pilgub Riau tahun 2018 di Kabupaten Rohul berjalan lancar, aman dan sukses. Dari pleno rekapitulasi, Terangnya, tidak ada sanggahan dan perbedaan hasil‎.

"Semuanya sesuai dengan apa yang ada di Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Rohul, sesuai juga yang ada di saksi‎. Hingga berakhirnya rapat pleno, dari seluruh yang hadir juga tidak ada menyampaikan sanggahan", ucap Fahrizal, Rabu (4/7/2018) siang, usai rapat pleno terbuka rekapitulasi suara, di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian.

Data yang dihimpun dari rapat pleno tersebut, jumlah totalitas suara dari seluruh Kecamatan, pasangan nomor urut 1 Syamsuar-Edy Nasution, sukses menuai suara terbanyak‎ dengan jumlah perolehan 69.946 suara. Kemudian, pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto merenggut 26.552 suara.

Sementara, pasangan‎ nomor urut 3 Firdaus-Rusli memperoleh 21.062 suara.‎ Sedangkan pasangan nomor urut 4 Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno meraih 61.794 suara.

Ketua KPU Kabupaten Rohul, Fahrizal menuturkan, total suara sah mencapai 179.354 suara, suara tidak sah 3.745 suara, dan total suara sah dan suara tidak sah berjumlah 183.099 suara.

Untuk total pemilih di Kabupaten Rohul, Sebut Fahrizal, berjumlah 310.627 pemilih, yang terdiri dari 157.756 orang pemilih laki-laki dan 152.871 orang pemilih perempuan.

Untuk persentase tingkat partisipasi pemilih, Fahrizal memperkirakan dari kalkulasi berkisar 60 persen. Menurutnya, terdapat beberapa faktor persentase tingkat pemilih pada Pilgubri, Ia juga menilai tingkat keterlibatan pemilih di Provinsi Riau termasuk dalam kategori baik.

Dalam proporsi Pilgub Riau dibandingkan Pemilihan Legislatif atau Pemilihan Bupati, Fahrizal berspekulasi, tingkat persentase pemilih di pesta demokrasi akan dapat lebih tinggi.

Fahrizal mengestimasi, pencapaian 60 persen sudah lebih baik pada Pilgubri tahun ini. Hal tersebut dinilainya, berkat bantuan Panwas Rohul, Pemerintah Kabupaten dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Rohul yang terus melakukan sosialisasi sampai ke tingkat pedesaan.

"Tahapan selanjutnya, akan digelar ‎rapat pleno tingkat Provinsi Riau di Kota Pekanbaru yang diperkirakan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2018, meski lokasi belum ditentukan", tandasnya.

Pada pleno rekapitulasi surat suara tersebut, tampak hadir, perwakilan Panwas Rohul Fajrul Islami Damsir dan Gummer Siregar, 16 Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Kepala Kesbangpol Rohul Masri, perwakilan dari Polres Rohul dan Kodim 0313/ KPR, serta saksi-saksi dari Paslon.*amb

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!