Selasa, 23 April 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Politik
Rabu, 3 April 2019 | 16:27:50
3.030 Saksi‎ dari Demokrat Kawal Pemilu
MAHARDIKANEWS TIM
DPC partai Demokrat daerah Kabupaten Rokan Hulu menggelar rapat koordinasi (rakor) dan Konsolidasi di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian, Selasa (2/4/2019).
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Demokrat daerah Kabupaten Rokan Hulu menggelar rapat koordinasi (rakor) dan Konsolidasi di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian, Selasa (2/4/2019).

Ketua DPC partai Demokrat Rokan Hulu Kelmi Amri, yang membuka rakor mengatakan kegiatan yang digelar untuk pemantapan ribuan saksi DPC partai Demokrat menghadapi Pemihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang di Rokan Hulu.

"Sebelum diturunkan, seluruh koordinator saksi juga Calon Legislatif (Caleg) partai Demokrat kita beri pembekalan dan pemantapan. Kita akan kerahkan 3.030 saksi di hari pemungutan suara Pemilu 17 April 2019 nanti", sebut Kelmi dihadapan narasumber dari pengurus DPD partai Demokrat Provinsi Riau.

Ribuan saksi partai Demokrat yang diterjunkan terangnya, untuk mengawasi jalannya Pemilu, serta mengamankan suara partainya di 1.515 Tempat Pemungutan Suara (TPS), 145 Desa, 16 Kecamatan se- Rokan Hulu, termasuk dalam pleno perhitungan suara tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Kelmi menilai, tugas saksi di hari pemungutan suara bukanlah tugas yang mudah, apalagi tingkat pemahaman para saksi di lapangan dinilai masih sangat terlalu minim.

Untuk itu, Dia menginginkan nantinya terjadi kesepahaman yang utuh tentang tugas-tugas dan standar operasional prosedur atau SOP saksi yang menjadi penanggungjawab di lapangan.

Kepada koordinator saksi yang sebagiannya merupakan Caleg, ditekankan untuk benar-benar memberi pembekalan yang baik. Pihaknya ingin hasil proses dari pemungutan dan perhitungan suara pada hari H 17 April sudah dapat dipastikan akurat selambat-lambatnya pukul 00.00 atau jam 12 malam.

Ketua DPRD Rokan Hulu itu memperkirakan, potensi tingkat kecurangan dalam Pemilu bukan dinilai dari hasil, melainkan pada proses. Maka saat proses tersebut, partai Demokrat harus siap mengkawal mulai dari dibukanya TPS hingga perhitungan dan perekapan‎ suara.

Mengingat waktu Pemilu yang semakin hari semakin dekat, partai Demokrat Rokan Hulu dipastikannya akan terus berupaya meyakini bahwa dari saksi yang baik akan melahirkan hasil baik. Hal itu juga dinilai sangat membantu‎ tugas KPU, Bawaslu dan pihak Kepolisian dalam mengamankan hasil Pemilu 2019.

"Kita sangat tidak ingin Pemilu di Rokan Hulu dicederai oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga matangnya saksi di dalam hal tugasnya sudah kita bekali melalui sebuah SOP. Nanti oleh koordinator kembali akan disampaikan ke seluruh saksi kita di TPS agar lebih dipahami", ujar Mantan Ketua KNPI Rokan Hulu itu, dan menyatakan rapat pemantapan saksi yang digelar sudah yang ketiga kalinya dilakukan.*(mnc/amb)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!