Sabtu, 04 Juli 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Politik
Rabu, 18 Desember 2019 | 15:43:12
Adam Syafaat Tampung semua Aspirasi masyarakat Sukadamai
MAHARDIKANEWS TIM
Anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan Kabupaten Rokan Hulu Adam Syafaat, melakukan Reses di Desa Sukadamai Ujung Batu, Selasa.
UJUNG BATU 
(mahardikanews) 
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Riau dari partai keadilan sejahtera (PKS) Adam Syafaat, melakukan kunjungan reses di Desa Sukadamai Kecamatan Ujung Batu Rokan Hulu.

Saat resesnya, sejumlah masyarakat Sukadamai menyerukan beberapa aspirasi yakni pembangunan Turap Sungai Rokan, peningkatan Jalan Lingkar di Durian Sebatang, bangunan Rumah Layak Huni, dan perbaikan tonggak jembatan Sungai Rokan yang dinilai sudah tua berumur puluhan tahun.

Kepala Desa Sukadamai Afrizal juga dalam kesempatan itu menerangkan tentang aspirasi yang disampaikan oleh masyarakatnya, terutama perbaikan tonggak jembatan sungai rokan yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Ketahanan tonggak di pangkal jembatan‎ dikhawatirkan akan bablas.

“Jadi itu sudah berulang kali kami usulkan ke kabupaten. Jadi atas tanggung jawab provinsi, maka kesempatan ini kebetulan ada anggota DPRD Provinsi Riau, ya kami usulkan. Dengan harapan tonggak atau pancang jembatan sungai rokan segera diperbaiki menghindari hal-hal yang tidak diinginkan”, ucap Afrizal, di halaman kantor Desa Sukadamai Ujung Batu, Selasa (17/12/2019) sore.

Kemudian terkait turap sungai rokan mulai dari daerah petakur bawah sampai petakur atas hingga ke Durian Sebatang juga menurutnya sudah mengalami erosi atau pengikisan, dan air sungai telah mengucur ke dapur rumah masyarakat. Pihaknya mendata terdapat ratusan rumah masyarakat yang terancam runtuh ke aliran sungai Rokan dan rawan longsor terutama di musim hujan saat ini.

Harapannya ke Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Riau melalui Adam Syafaat membantu warganya agar dibangun tebing pengaman atau turap di tepi sungai rokan sekaligus peningkatan jalan aspal, karena hanya tersisa 2 meter lagi dari bibir sungai.

Kades juga menyampaikan aspirasi warga yang menginginkan Pemprov Riau melakukan pengaspalan 3 kilometer di jalan lingkar Durian Sebatang, sebab jalan tersebut sudah lama diusulkan menjadi jalan status provinsi.

Afrizal mengapresiasi Pemprov Riau karena di Dusun II Petakur Bawah yang masuk dalam kategori Kumuh Perkotaan‎ sudah dilakukan pembangunan. Di wilayah desanya dikucurkan bantuan anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD Riau Rp2,6 miliar untuk membangun sarana dan prasarana seperti drainase, parit, dan lampu jalan. Di wilayah itu, masyarakat juga berharap dibangun ruang terbuka hijau dan permainan anak-anak, sehingga bisa dijadikan aktivitas wisata (agrowisata).‎

Menanggapi poin-poin aspirasi masyarakat Sukadamai, Adam Syafaat berjanji memperjuangkan semua keinginan warga serta aspirasi-aspirasi masyarakat lainnya di daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Menurut Adam, seperti untuk perbaikan tonggak jembatan dan jalan lingkar di Ujung Batu sudah menjadi kewenangan Pemprov Riau. Namun terkait perbaikan turap di sungai rokan menjadi kewenangan‎ balai wilayah sungai sumatera atau BWSS sebagai perpanjangan tangan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, karena sungai tersebut termasuk kategori sungai besar.

Semua aspirasi masyarakat Sukadamai diakuinya sudah ditampung. Pemerintah Desa dihimbaunya segera mengajukan proposal, sehingga aspirasi masyarakat bisa tersampaikan ke Pemprov Riau dan ke pemerintah pusat.

“Harus diajukan proposal, karena nanti banyak turap yang akan dibangun mulai dari Kecamatan Ujung Batu sampai Desa Muara Dilam Kecamatan Kunto Darussalam”, ujar Adam Syafaat yang merupakan anggota DPRD Riau daerah pemilihan Rohul dari PKS, dihadapan pimpinan fokopimcam dan tokoh-tokoh di Ujung Batu.

Adam juga memastikan dirinya telah memperjuangkan 72 unit rumah layak huni yang rencananya akan dibangun di 16 kecamatan di Rohul, dengan sumber dan dari APBD Riau tahun 2020. Sementara usulan untuk bangunan dan peningkatan sarana dan prasarana di SMA atau SMK dicoret oleh Pemprov Riau, namun dipastikan tetap diperjuangkan.

Kunjungan reses di Desa Sukadamai Ujung Batu menurutnya merupakan reses pertama kalinya. Agenda reses selanjutnya direncanakannya akan menyambangi 16 lokasi yang sebagian besar berada di wilayah Rokan kiri atau Dapil IV hingga batas akhir 24 Desember mendatang.*(red-mnc)




Editor: AMBAR
©2019 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!