Selasa, 14 Agustus 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Religion
Rabu, 31 Mei 2017 | 08:53:56
ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HULU
MTQ Kecamatan Rambah Ditutup, Bupati Rohul : Bumikan Alquran Melalui Maghrib Mengaji
HUMAS SETDA ROKAN HULU
Bupati H Suparman SSos MSi, sesaat akan menyerahkan Tropy kpd Kades Rambah Tengah Utara, sbg juara pertama pada MTQ XVII tkt Kec Rambah, Senin 22-5-2017, di desa Rambah Tengah Barat

 

MTQ Kecamatan Rambah Ditutup, Bupati Rohul : Bumikan Alquran Melalui Maghrib Mengaji

 

Pasir Pengaraian (Mahardikanews)

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVII tingkat Kecamatan Rambah, yang digelar dari 18 hingga 21 Mei 2017 dan dipusatkan di Masjid Raya Baitan Nur, Dusun Kaiti Desa Rambah Tengah Barat, Senin (22/5) malam, secara resmi ditutup oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H Suparman SSos MSi. Selain Bupati, juga hadir Ketua DPRD Kelmi Amri SH dan sejumlah anggota DPRD lainnya, Kapolres AKBP Yusup Rahmanto, Ketua PN Sarudi SH MH, perwakilan Dandim 0313 KPR, Kapolsek Rambah AKP Didi Antoni, Kepala Desa Rambah Tengah Barat, Sofyan, serta ribuan masyarakat Kecamatan Rambah, dan para peserta MTQ.

 

Dalam sambutannya, Bupati mengajak masyarakat di daerahnya untuk menggalakkan dan membumikan kembali Alquran melalui program Maghrib Mengaji dan Didikan Subuh. Suparman menceriterakan masa kecilnya, saat itu anak-anak semangat pergi ke masjid sebelum Maghrib, dan sudah menjadi keharusan usai Salat Maghrib untuk waktu mengaji. "Malu kalau di rumah kita tidak terdengar suara mengaji. Nah, ini mungkin bisa menjadi sebuah kilas balik bagi yang beragama Muslim, agar ke depan membiasakan budaya malu ini," ungkapnya.

 

Saat ini menurut bupati, muda mudi justru masih duduk-duduk atau bahkan masih berkendara saat Maghrib datang. Budaya malu, seharusnya sudah jadi keharusan bagi masyarakat Muslim. " Malu Jika tidak ada terdengar Alquran di rumahnya. Tentu melalui ajakan dan pendidikan informal yang ada di tengah masyarakat," pungkasnya.

 

Para ulama, cerdik pandai, dan seluruh elemen masyarakat juga harus mendukung dalam membumikan Alquran. Didikan Subuh juga harus digalakkan, sehingga anak-anak di Kabupaten Rohul giat dalam belajar agama. Dengan partisipasi besar masyarakat Desa Rambah Tengah Barat menggunakan dana swadaya, pelaksanaan MTQ XVII tingkat Kecamatan Rambah ini terlaksana dengan sukses. "Ini suatu bukti masyarakat siap berpartisipasi dalam mengisi pembangunan itu," terang Suparman.

 

Daerah kita yang dijuluki sebagai  Negeri Seribu Suluk. Tentu identik dengan pemahaman-pemahaman Alquran secara mendalam melalui ibadah suluk. Kita optimis qori dan qoriah Rohul semakin hebat ke depan. Kepada para pemenang tidak terlalu berbesar hati, namun teruslah meningkatkan kualitas diri. Bagi yang kalah tidak patah semangat, teruslah belajar menjadi yang terbaik, tandas mantan Ketua DPRD Provinsi Riau ini.

 

Sedangkan Camat Rambah, Muhammad Franovandi SSTP MSi, dalam sambutannya mengatakan MTQ XVII tingkat Kecamatan Rambah ini istimewa karena ditutup oleh Bupati Rohul. Sempat dua kali tertunda, dan akhirnya dapat digelar dengan baik hingga penutupannya pada malam ini. Franovandi juga mengharapkan Pemkab Rohul mendukung Desa Rambah Tengah Barat sebagai pusat penghasil gula gula aren, baik di Kabupaten Rohul, dan tingkat Provinsi Riau. Ungkapan terimakasih kepada Pemkab juga disampaikan Camat atas pembangunan jalan di desa tersebut. 

 

Keluar sebagai juara pada MTQ tersebut, yakni kafilah Desa Rambah Tengah Utara, dari 13 desa dan 1 kelurahan dengan 156 peserta. Disusul Desa Rambah Tengah Hilir dan Desa Rambah Tengah Barat sebagai juara kedua dan ketiga. Sedangkan harapan satu, dua, dan tiga diraih kafilah Desa Pematang Berangan, Desa Sialang Jaya, dan Desa Tanjung Belit. Untuk pawai taaruf, diraih oleh Kelurahan Pasirpangaraian, disusul Desa Rambah Tengah Barat, dan Desa Sialang Jaya. Sedangkan Desa Pematang Berangan, Desa Menaming, dan Desa Babussalam meraih juara harapan satu hingga tiga. (adv/humas)

 

 

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!