Rabu, 27 Maret 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Religion
Rabu, 6 Maret 2019 | 19:37:56
Elemen dan Pemerintah Kecamatan Diajak Kerjasama Hidupkan Kembali Fungsi LKA
MARUBA P HABEAHAN
Pengosaman dan Pengukuhan Tuan Dahnil Malik sebagai Datuk Bandaro dan ketua LKA Kecamatan Ujung Batu, Rabu (6/3/2019) pagi, di gedung LKA Jalan Jenderal Sudirman Ujung Batu.
UJUNG BATU 
(mahardikanews) 
Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan pengosaman dan pengukuhan terhadap Tuan Dahnil Malik sebagai ketua Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan Ujung Batu, Rabu (6/3/2019) pagi, di gedung LKA Jalan Jenderal Sudirman Ujung Batu.

Saat tengah memasuki gedung LKA, rombongan Tuan Dahnil Malik tampak disambut seorang Datuk. Prosesi tersebut dinamakan Petatah-petitih dari orang Sumondo ke Mamak Pisoko.

Sebelum pengukuhan oleh ketua LAM Rohul Tengku Rafli Armen, Tuan Dahnil terlihat menjalani prosesi adat pengosaman atau penobatan sebagai Datuk Bandaro.

T Rafli menyatakan, tradisi prosesi pengosaman juga ada yang bernama Arak Iring, yaitu pelepasan Datuk Bandaro bersama rombongannya dari rumah Soko yang terletak di Jalan Garuda menuju lokasi acara. Rumah Soko, terangnya, rumah yang dituakan, yakni rumah dari kakak tertua dari Datuk Bandaro Tuan Dahnil Malik.

T Rafli yang bergelar Tengku Majolelo, mengucapkan tahniah atas prosesi pengukuhan yang berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, Dia mengingingkan kehidupan masyarakat harus kembali dihidupkan dan disesuaikan dengan adat istiadat, seperti berpakaian adat dan berbahasa daerah Melayu setiap hari Rabu.

"Dalam Peraturan Bupati nomor 26 tahun 2012 itu diatur setiap hari Rabu para pelajar dan pekerja kantoran wajib mengenakan pakaian melayu dan berbahasa daerah. Itu juga diterapkan saat Kultum di Masjid. Tapi 3 tahun terakhir ini, kebiasaan itu sudah hilang. Ini sudah kita sampaikan ke Pemerintah Daerah, agar kebiasaan seperti itu bisa digalakkan lagi", kata T Rafli, dihadapan Asisten III Setdakab Rohul Drs Difendri mewakili Bupati.

Dalam musim politik untuk anak, cucu dan kemenakan yang ikut dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Dia menghimbau agar menjadikan Pemilu yang sehat, bukan menjadikan ajang perpecahan karena beda pilihan.

"Jangan jadikan momen Pemilu sebagai perpecahan di tengah-tengah keluarga. Berpikirlah yang jernih untuk kemajuan bersama dan daerah yang kita cintai", imbuh ketua LAM Rohul T Rafli Armen, yang dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda, DPH LAM Rohul H Zulyadaini, para mamak suku, ketua panitia Jufren, segenap Upika Ujung Batu dan kepala desa, sejumlah kepala sekolah, perwakilan perusahaan serta anak, cucu dan kemenakan dari 5 suku.

Tuan Dahnil Malik sebagai ketua LKA Ujung Batu ke- 12, juga diharapakan bisa membawa nuansa baru terutama dalam mengembangkan adat istiadat Melayu khususnya di Kecamatan Ujung Batu.

Sedangkan, ketua LKA Ujung Batu Datuk Bandaro Tuan Dahnil Malik yang baru dikukuhkan, mengucapkan rasa bangganya terhadap pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya acara bersejarah tersebut.

Kepada pemerintah daerah, Dia berharap agar nantinya dapat kembali mengucurkan anggaran untuk LKA Ujung Batu. Sebab kondisi LKA saat ini sejak 3 tahun terakhir dinilai tidak pernah lagi mendapatkan dana hibah, yang dulunya sempat digulirkan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, seperti biaya operasional termasuk perawatan gedung.

"Kalau memang LKA dihidupkan lagi harus ada sumber dana. Sementara selama 3 tahun terakhir ini dana operasional LKA yang bersumber dari dana hibah APBD Rohul tidak ada. Sedangkan kita butuh untuk pemeliharaan dan perawatan fasilitas gedung, dananya dari mana?," terang Dahnil.

Untuk langkah pelestarian kembali budaya serta adat istiadat yang menjadi kearifan lokal masyarakat Ujung Batu, Dahnil Malik memperkirakan hal tersebut tidak mudah dan butuh waktu dan kebersamaan dalam menjaga dan melestarikannya.

Seluruh elemen dan pemerintah kecamatan, diajaknya untuk bekerjasama menghidupkan kembali fungsi dari LKA.*(maruba p habeahan)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!