Minggu, 26 Mei 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Religion
Senin, 15 April 2019 | 01:00:36
Kafilah Kabun Gapai Juara Umum MTQ
MAHARDIKANEWS TIM
Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris, bersama Forkopimda dan kepala OPD mengangkat piala, usai penutupan MTQ tingkat Kabupaten, Minggu (14/4/2019) malam.
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- XIX tingkat Kabupaten, Minggu (14/4/2019) malam, di Astaka Purna MTQ lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Desa Pematang Berangan, Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah.

Setda Kabupaten Rohul Abdul Haris, menilai dari hasil pelaksanaan MTQ banyak hikmah yang bisa diambil. Karena selain prestasi yang telah diperoleh oleh beberapa kecamatan, akan banyak muncul bibit-bibit baru qori dan qoriah.

"Hari ini kita melihat munculnya bibit-bibit baru yang nanti tentunya untuk juara 1, 2 dan 3 akan kita coba lagi membinanya untuk nanti menjadi utusan di tingkat provinsi. Salah satu itu, ada hasil yang kita peroleh pada malam hari ini", ujar Abdul Haris, Minggu (14/4/2019), yang dihadiri Plt Kakanwil Kemenag Riau Sahman, pejabat Forkopimda, Pabung Kodim 0313/KPR Rohul Mayor Inf Reflis Jon‎, para kepala OPD, Camat, Kepala Desa, serta disaksikan ribuan masyarakat dari berbagai daerah.

Dampak positif dari MTQ selama sepekan itu juga dinilai Setda, akan berdampak terhadap‎ berkembangnya perekonomian masyarakat sekitar tempat kegiatan.

"Kita melihat selama delapan malam kegiatan di sini luar biasa penuh. Ini merupakan satu rahmat juga bagi masyarakat di sekitar tempat kegiatan. Melalui MTQ ini, semoga terjalin hubungan silaturahmi antara masyarakat dari 16 kecamatan‎ se- Rohul. Yang kita harapkan juga tentunya dari hasil kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan ini, akan muncul persatuan masyarakat kita, terutama yang menekuni bidang Alquran, serta memajukan cabang Tilawatil Quran yang ada untuk diandalkan Kabupaten Rohul ke tingkat yang lebih tinggi lagi", harap Setda.

Untuk juara 1, 2 dan juara 3, dipastikannya akan mengikuti Training Center atau pusat pelatihan. Dari TC tersebut, akan dipilih qori dan qoriah yang akan menjadi duta Rohul di MTQ tingkat Provinsi Riau 2019 yang dipusatkan di Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar, pada Oktober 2019 mendatang.

Menurut Abdul Haris, sudah saatnya Kabupaten Rohul mengulang kejayaan, atas Kafilah Rohul yang pernah menerima piala tetap MTQ tingkat Provinsi Riau pada tahun 2013 lalu, setelah 3 tahun berturut-turut meraih juara umum.

Dia berharap, kafilah Rohul untuk perhelatan MTQ tingkat provinsi nantinya dapat memperoleh 5 besar, dari kafilah-kafilah kabupaten se- Provinsi Riau.

Sementara, ‎ketua umum panitia MTQ Ir Muhammad Ruslan, melaporkan hasil keputusan Dewan Hakim MTQ untuk juara-juara yang telah di gapai oleh kafilah-kafilah asal sejumlah kecamatan di Rohul.

"Kafilah asal Kecamatan Kabun berhasil meraih juara umum MTQ ke- XIX (sembilan belas) tingkat Kabupaten Rohul tahun 2019, dan berhak menerima piala bergilir. Lalu juara bertahan, Kafilah Kecamatan Rambah berada di urutan ke-2, disusul‎ Kafilah Ujung Batu di urutan ke-3. Kemudian, urutan ke-4 ditempati Kafilah Rokan IV Koto, dan juara ke-5 dan ke-6 diraih oleh Kafilah Kunto Darussalam dan Kafilah Kecamatan Rambah Samo", sebut M Ruslan.

Untuk pemenang Pawai Ta'aruf, panitia mendata, juara pertama dirah Kafilah Kecamatan Rambah Hilir, disusul Kafilah Kecamatan Rambah‎ dan Ujung Batu di urutan ke-2 dan ke-3.

Selanjutnya, kafilah Kecamatan Rambah Samo‎, Kafilah Bangun Purba‎ dan Kafilah Pagaran Tapah Darussalam‎‎ harus mendapat juara harapan pertama, harapan ke-2 dan juara harapan ke-3.

Pemenang dari cabang-cabang tersebut terangnya, akan menjadi duta Rohul dalam menghadapi MTQ ke- 38 tingkat Provinsi Riau yang akan dipusatkan di Kota Bangkinang Kabupaten Kampar pada bulan Oktober 2019 mendatang.

"Atas nama panitia, kita berterima kasih ke semua pihak yang telah mendukung dan memeriahkan MTQ ke- XIX tingkat Kabupaten Rohul tahun 2019 ini hingga dari awal kegiatan berjalan sukses dan lancar sampai penutupan", ucap Ir M Ruslan, juga Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul.*(mnc/amb)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!