Selasa, 22 Oktober 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Religion
Sabtu, 10 Agustus 2019 | 16:43:10
Hewan Kurban di Rohul Meningkat 8 Ekor
MAHARDIKANEWS TIM
Arsip Foto: Panitia kurban dan para pengurus Masjid Jami' Al Falah menyembelih hewan kurban di halaman Masjid Jami' Al Falah Desa Ngaso, Ujung Batu, Rokan Hulu, Rabu (22/8/2018).
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Pengelola Masjid Agung Islamic Center (MAIC) mulai mengalokasikan puluhan hewan kurban ke sejumlah desa-desa yang berada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Ketua umum pengelola MAIC Rohul Abdul Haris, mendata dari 73 hewan kurban yang disembelih tahun ini, 51 ekor akan dibagikan ke desa-desa perbatasan dan terpencil, atau masjid di desa yang kekurangan atau sama sekali tidak melakulan pemotongan hewan kurban.

Sedangkan 22 ekor lainnya dipotong di lingkungan Islamic Center. Jenis dari 73 hewan kurban tersebut meliputi 66 ekor sapi dan 7 ekor kambing atau domba.

Puluhan ekor hewan kurban yang akan disembelih terangnya diterima pengelola MAIC dari berbagai kalangan, yakni kepala daerah, pejabat unsur forum koordinasi pimpinan daerah, kepala organisasi perangkat daerah, para aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten, pihak perusahaan, stakeholder, dan masyarakat Rohul.

Jumlah hewan kurban yang disembelih di hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah 2019 Masehi ini juga meningkat 8 ekor daripada 2018 lalu sekira 65 ekor. Daging kurban yang dipotong di MAIC kini tidak dibagikan secara langsung seperti tahun sebelumnya, daging penyembelihan hanya diperuntukkan kepada peserta kurban, dan dibagikan ke fakir-fakir miskin, serta elemen masyarakat di sekitaran masjid.

Untuk pengalokasian di desa, pengelola MAIC diakuinya sudah mulai mendistribusikan hewan-hewan kurban ke masjid di desa yang memang tidak menyembelih hewan kurban, seperti di Dusun Sungai Bungo Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, dan 5 desa-desa perbatasan lainnya wilayah di Kecamatan Kunto Darussalam.

Kedepan, pihaknya berharap jumlah hewan kurban yang akan dipotong di Islamic Center bisa semakin meningkat, meskipun perekonomian masyarakat saat ini sedang sulit, apalagi menyusul dengan anjloknya harga komoditi tandan buah segar kelapa sawit dan harga getah karet.

Masyarakat juga diminta agar dapat berkerjasama dan saling bersatu-padu guna mempererat tali silaturahmi dalam memeriahkan hari raya Idul Adha tahun ini.

“Dengan semangat gotong royong diharapkan hari raya Islam tahun ini berjalan lancar. Proses penyembelihan hewan kurban dan penyalurannya ke masyarakat juga kiranya berjalan baik”, imbuh Abdul Haris, yang menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul, Jumat (9/8), di Pasir Pengaraian.*(bar)



Editor: H. A.
©2019 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!