Selasa, 25 September 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Sosok
Minggu, 10 Januari 2016 | 15:06:35
Adrian Hilman Lubis, Ilmuan Muda Asal Sumut yang Inspiratif
Medan, mahardika- Adrian Hilman Lubis adalah salah satu anak bangsa yang terus berinovasi. Pria kelahiran Medan ini merupakan bagian dari berdirinya EVINDO (Energi Inovasi Anak Indonesia). Evindo sendiri merupkan wadah bagi para ilmuwan Indonesia untuk menciptakan mesin berkendara yang hemat bahan bakar.

Salah satu hasil buah pikiran nya dan teman-teman di EVINDO adalah Mesin yang sudah adalah EVINDO EFE 01. Mesin ini sendiri memiliki berat sekitar 150-200 gram. Sudah diproduksi sebanyak 1500 unit kuartal akhir tahu 2015. Dan mesn ini dihargai Rp.225.000,00. Dan saat ini, pabrik produksi EVINDO EFE 01 masih berlokasi di Medan. Tapi pendistribusian alat ini sudah sampai ke Aceh hingga Papua.

Selain memang karena memiliki hobi, dan kemapuan di bidang tehnologi serta merupakan seorang ilmuwan, Adrian dan kawan kawan sudah mandiri dan mapu menghasilkan uang dengan diproduksinya mesin ini. “Tiada yang lebih menyenangkan selain hobi yang dibayar” ujarnya.

Adrian sendiri merupakan alumni dari Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Selain menjadi salah satu pemotor Evindo, Adrian juga penulis buku “25 Ilmuwan Indonesia Mendunia”. Dibuku ni diceritakan bagaimana ilmuwan Indonesia yang sudah mememiliki prestasi berkelas Internasional dan terkenal di dunia. Buku ini direncanakan rilis diakhir tahun 2015 dan akan digunakan menjadi database bagi seluruh Universias yang ada di Indonesia.

Pernah menjadi Student Volunteer Ikatan Ilmuwan Internasional Indonesia (I4) juga semakin membuat Adrian ingin membuat EVINDO semakin berkembang, dan harapan nya mesin berkendara hemat bahan bakar produksi mereka bisa digunakan oleh semua orang Indonesia guna mengehemat bahan bakar dan lebih mencintai produk dalam negeri.

Jejak Prestasi anak muda ini tercatat pada bulan Juli 2014 silam pada Training Sakura Since Programa, dia adalah satu-satunya peserta dari Indonesia yang merupakan mahasiswa Universitas Sumatra Utara berhasil juara mengalahkan kandidat-kandidat yang berasal dari Universitas terkemuka lainnya.

Dengan diakuinya Adrian Hilman sebagai Ilmuan Muda yang menghantarkannya pada Training Sakura Since Program Juli 2014 silam di Jepang, sekaligus menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia di kancah internasional tersebut.

Selain tampil dalam ajang Nasional dan Internasional, Adrian juga aktif dalam berbagai Organisasi di USU sendiri. Baik dari jurusan maupun dari kampusnya. Salah satunya ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (IMTHP) dan Student Generation Community (SGC) USU.

Pernah menjadi Student Volunteer Ikatan Ilmuwan Internasional Indonesia (I4) juga semakin membuat Adrian Hilman ingin membuat EVINDO berkembang, dan mesin berkendara hemat bahan bakar bisa digunakan oleh semua orang Indonesia guna mengehemat bahan bakar kita dan lebih mencintai produk dalam negeri.

Ide nya berawal dari lingkungan pertemanan yang menghantarkan beberapa mahasiswa dari Teknik dan Pertanian untuk menciptakan produk bahan bakar hemat energi dan terjun ke even Techno Preneurship yang di adakan oleh Kemenristek RI sekaligus menyabet juara pertama. Dengan hadiah sebesar 50 juta rupiah, mereka menjadikannya sebagai modal awal untuk mengembangkan Inovasi tersebut dan menghasilkan 1000 produk yang langsung terjual di dalam kota.

Sampai saat ini sudah lebih dari 6000 unit yang sudah beredar di pasaran, terkhususnya untuk sepeda motor yang mereka namai dengan EFE01 dan untuk mobil sendiri adalah power fuel. Biaya yang di keluarkan sendiri berkisar antara 250 ribu rupiah sampai 950 ribu rupiah, hebatnya dengan biaya yang terbilang terjangkau masyarakat sudah dapat menghemat bahan bakar sampai 40%.

Adrian Hilman Lubis hanya salah satu diantaranya. Diharapkan mampu mendorong generasi lainnya akan menjamjur sehingga semakin banyak anak bangsa yang berinovasi. Dan EVINDO merupakan contohnya. dimana, para ilmuwan muda Indonesia memiliki wadah untuk menciptakan sesuatu yang berguna bagi nusa dan bangsa. Semoga semakin banyak anak bangsa yang bisa memberikan sumbangsih bagi EVINDO.

(Ded/MNC)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!