Selasa, 22 Oktober 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Sosok
Rabu, 26 Juni 2019 | 21:51:12
Kapolda Riau Resmikan Mako Polres Baru
HUMAS POLRES ROKAN HULU
Kapolda Riau Irjen Pol Drs Wibowo Eko Prihastopo, meresmikan Mako Polres Rokan Hulu, di Jalan Lingkar Km 4 Suka Maju Kecamatan Rambah, Rabu (26/6/2019) pagi.

RAMBAH 

(mahardikanews) 

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, meresmikan Markas Komando Kepolisian Resor (Mako Polres) Rokan Hulu (Rohul), Rabu (26/6/2019) pagi.


Di lokasi acara peresmian Mako Polres di Jalan Lingkar Km 4 Suka Maju Kecamatan Rambah, Kapolda Riau bersama rombongan didampingi Kapolres dan Bupati disambut dengan suara musik tradisional gondang borogong, pencak silat, tarian kapur sirih, serta ditandai dengan pengalungan bunga sebagai budaya warisan daerah Negeri Seribu Suluk.


Kapolda Riau Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo, mengatakan dalam kunjungan kerjanya atau kunker ke Rohul sejak Selasa (25/6) malam, pihaknya bersama rombongan mengawali acara temu ramah di pendopo rumah dinas Bupati.


Dengan bangunan baru Mako Polres, diharapkannya kinerja dan pelayanan Kepolisian di Rohul terhadap masyarakat semakin meningkat dan maksimal dalam menjalankan tugas Polri. Kerja sama oleh Kapolres terhadap kepala daerah dan segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga dihimbaunya dapat terus terjalin baik.


“Harapan saya kepada Kapolres tingkatkanlah kerja sama yang sudah baik dengan pak Bupati. Kemudian juga dengan segenap unsur Forkopimda di Kabupaten ini kedepannya agar lebih baik lagi, sehingga dapat selalu bersinergi antara kelembagaan ini dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat”, ujar Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo.


Sementara, Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua menceritakan tentang sejarah dan riwayat Polres belasan tahun lalu setelah Kabupaten Rohul mekar.


“Polres Rohul berdiri pada 24 April 2002, beberapa tahun setelah Rohul dimekarkan dari daerah induknya Kabupaten Kampar. Pada 2008, Polres mendapat hibah tanah bersumber dari APBD Rohul seluas 8 hektare di Km 8 Pesagang Desa Suka Maju Kecamatan Rambah. Namun karena lokasi jauh dari komplek dan perkantoran, maka bangunan yang sudah mencapai 80 persen itu tidak dilanjutkan lagi, dan diserahkan kembali ke Pemkab. Kini, gedung tersebut dipakai oleh Dinas Perhubungan Rohul”, ulas AKBP M Hasyim.


Lalu di tahun 2016, Polres kembali mendapat hibah tanah 8 hektare di Jalan Lingkar Km 4 Suka Maju Rambah dari Pemkab, dan akhirnya kemudian mulai dilakukan pembangunan Mako Polres‎ baru yang diawali pada bulan Agustus 2018 lalu.


Mako Polres terangnya, dibangun oleh PT Cahaya Panam Perkasa selaku pemenang lelang dengan masa kerja 180 hari kalender terhitung sejak 2 Juli 2018 sampai 28 Desember 2018, oleh konsultan perencana CV Citratama Arsitek dan konsultan pengawas CV Indrawati Arsitektur.


Kapolres menerangkan, dana pembangunan Mako Polres dibantu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga (DIPA RKAKL) tahun anggaran 2018, dengan luas bangunan type 2.400 serta besaran anggaran sekira Rp13.478.280.000 atau 13,4 miliar.


Di kawasan Mako Polres baru, dibangun 3 lantai Rumah Susun atau Rusun 48 pintu diperuntukkan khusus personel Polres yang dananya bersumber dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kemudian dilengkapi dengan fasilitas umum, termasuk sarana olahraga seperti lapangan tembak, masjid, dan rumah dinas pejabat utama hingga anggota personil.


Sedangkan Bupati Rohul Sukiman berharap dengan adanya Mako baru, semangat seluruh personil aparat Kepolisian juga dapat menjadi semakin baru dalam melayani masyarakat, sehingga terus tercipta keamanan dan ketertiban di daerah yang berjuluk Negeri Seribu Suluk.


“Saat ini sudah berjalan dengan baik, dan mudah-mudahan dengan terbangunnya markas baru ini menambah semangat pula untuk pekerjaan di dalam rangka meningkatkan keamanan”, harap Bupati Rohul Sukiman, yang turut dihadiri Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Rohul H Zulyadaini, sejumlah perwira Polda, Sekda Abdul Haris, jajaran Forkopimda, Pabung Kodim 0313/KPR Rohul Mayor Inf Raflis Jon, para perwira Polres, tokoh-tokoh masyarakat, agama, ormas, dan para undangan lainnya.


Di akhir kegiatan, Kapolda didampingi Bupati dan Kapolres mengitari dan memeriksa beberapa ruangan di Mako Polres, termasuk sel tahanan.


Kapolda juga menyalurkan sejumlah bantuan, seperti pemberian sepeda motor untuk Yayasan Budi Mulia, mesin air robin kepada Satgas Karlahut Satria Kresna Bonai Darussalam, dan memberi santunan ke anak-anak panti asuhan.*(red/mnc)



Editor: H. A.

©2019 MAHARDIKANEWS

all rights reserved

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!