Sabtu, 15 Desember 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Techno
Kamis, 9 Juli 2015 | 13:14:10
Huawei Siap Bantu Medan Jadi Smart City

Mahardikanews.com - Perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi  dan jaringan telekomunikasi terbesar di Cina dan dunia, Huawei menawarkan kerjasama untuk menjadikan Kota Medan sebagai smart city terbesar di Pulau Sumatera. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu dengan melakukan pemasangan Closed Circuit Televition (CCTV)  di sejumlah persimpangan jalan, termasuk pemasangan billboard besar yang akan berisi map  Kota Medan.

Demikian terungkap ketika Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima perwakilan PT Huawei Tech Investment di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (8/7). Perwakilanm itu masing-masing Mario H Tampubolon ST selaku Regional Account Manager dan Xia Xiaochuan sebagai Erterprise Businesss Departement.

Mario menjelaskan, Huawei  ingin membantu Wali Kota untuk menjadikan ibukota Provinsi Sumatera Utara sebagai smart city seperti yang telah dilakukan terhadap Kota Bandung maupun Banda Aceh.  Untuk itu mereka minta izin untuk memasang sejumlah CCTV di persimpangan jalan di Kota Medan.

Menurut Mario, kehadiran CCTV ini nantinya sangat membantu dalam  upaya mencegah maupun mengurai kemacetan yang terjadi. Di samping itu juga mampu mengungkap terjadinya tindak kejahatan.  Sebab, jaringan kamera yang digunakan pada CCTV bisa mendeteksi nomor polisi kenderaan maupun tahun rakitan pembuatan kenderaan tersebut.

"Melalui CCTV yang dipasang, warga nantinya dapat mengetahui kawasan mana di Kota Medan yang terjadi kemacetan dan jalan apa yang harus dilalui untuk menghindarinya. Ini dapat diketahui masyarakat melalui billboard besar yang akan kita pasang nanti. Selain itu jug dapat mengetahui jika ada demo terjadi,” kata Mario.

Selain melaluibillboard besar, jelas Mario, semua yang terekam oleh jaringan kamera pada CCTV yang dipasang dapat terintegrasi melalui handphone. “Dengan demikian Bapak Wali Kota bisa melihat apa yang tengah terjadi melalui handphone. Tentunya ini sangat membantu Pak Wali dalam mengatasinya,” ungkapnya.

Ditambahkan Mario lagi, program yang mereka tawarkan ini juga dapat dipergunakan untuk mendukung terwujudnya smart education maupun membantu rumah sakit di Kota Medan, guna memudahkan pasien melakukan register pendaftaran sekaligus menunjukkan ruangan mana yang akan dituju. “Jika ini terwujud, maka Medan akan menjadi smart city terbesar di Pulau Sumatera,” paparnya.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat dan Kadis Komunikasi dan Informasi Darusalam Pohan, menyambut baik tawaran yang disampaikan pihak Huawei.  Untuk itu Eldin minta kepada Kadis Perhubungan dan Kominfo segera memepelajari tawaran kerjasama perusahaan telekomunikasi dari Shenzhen, Guangdong, Republik Rakyat Cina tersebut.

"Saya berharap kerjasama ini dapat mewujudkan Medan menjadi smart city. Di samping itu tawaran kerjasama ini juga akan kita tidaklanjuti dalam upaya memajukan bidng pendidikan maupun kesehatan. Untuk itulah saya minta kepada pihak Huawei segera menyampaikan proposal tawaran kerjasamanya secara lengkap,” kata Wali Kota.

Sedangkan Kadis Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat mengungkapkan, tawaran kerjasama itu tentunya sejalan dengan rencana mereka untuk menyiapkan billboard besar di sekitar pintu gerbang masuk Kota Medan dari kawasan Amplas dengan Kampung Lalang. Dengan kehadiran billboard, warga yang masuk dapat mengetahui pada saat itu dimana tengah terjadi kemacetan dan mengetahui jalan alternative menghindarinya.

(FR)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!