Selasa, 24 April 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Techno
Sabtu, 24 Maret 2018 | 22:19:56
ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HULU
Launching Website Rohul Satu Peta, Bupati : Seluruh OPD Berkoordinasi Dengan Tim Forum
HUMAS SETDA ROKAN HULU
Bupati Rohul H Sukiman, didampingi Sekda dan tim forum, saat  melaunching website Rohul Satu Peta, Selasa 20-3-2018 di Pasir Pengaraian

Pasir Pengaraian (Mahardikanews)‎

Kebijakan Satu Peta merupakan agenda nasional, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 tahun 2016. Di Provinsi Riau sendiri baru 5 daerah yang sudah membuat Kebijakan Satu Peta, termasuk Pemprov Riau. Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah membentuk Forum Data Geospasial dan Informasi Geospasial, Selasa (20/3).‎ Forum ini akan menyiapkan seluruh data diperlukan, sebagai pendukung Kebijakan Satu Peta. Belum mencakup seluruh mapping, baru memuat mapping jalan dan jembatan, pendidikan, daerah tutupan hutan, rawan konflik, peta perbatasan, dan lainnya.

 

Pada lounching Forum tersebut Bupati Rohul‎ H Sukiman, didampingi Sekda Ir Damri Harun, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nifzar SP MIp, dan Kepala Inspektorat M Munif. Pada kesempatan itu, Bupati meminta seluruh Organisasi ‎Perangkat Daerah (OPD) termasuk Pemerintah Desa untuk berkoordinasi dengan Tim Forum, sehingga seluruh data yang diperlukan dimasukkan dalam website Rohul Satu Peta.

 

Imelda sebagai Deputy Tim Leader, Australia, mengungkapkan beberapa daerah di Indonesia sudah mulai membuatnya. Untuk pembuatan Rohul Satu Peta sendiri, membutuhkan waktu 1 tahun, melibatkan seluruh elemen terkait. Ke depan diharapkan, dengan Satu Peta ini memudahkan pemerintah daerah dalam memetakan pembangunan. Selain Pemprov Riau, sudah lima daerah yang sudah membuatnya, yakni Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Bengkalis, Kuantan Singingi dan Kabupaten Rohul, ungkap Imelda.

 

Kepala Bappeda, menyampaikan terima kasih ke pihak ketiga dalam mewujudkan‎ Satu Peta untuk pembangunan yang akan dilaksanakan selama satu tahun ini. Rohul menjadi salah satu pilot project di Provinsi Riau, bersama empat kabupaten lainnya. Selama 1 tahun bersama Tim Forum, Bappeda Rohul telah membangun sumber daya manusia untuk memahami tentang manfaat kegunaan pengelolaan tata ruang, agar seluruh pembangunan yang dilakukan, serta aktivitas masyarakat tersedia ruang yang cukup.

 

Kedua, ‎membangun sistem dengan melaunching website Rohul Satu Peta. Menurutnya, dengan program ini dapat dilakukan peningkatan resolusi dan objektivitas pembangunan, baik ruas jalan, status jalan, dan fungsi jalan, baik jalan status kabupaten, jalan provinsi, jalan desa, dan jalan lingkungan. Selain mapping jalan, juga bisa memapping seluruh aspek pembangunan yang ada, sepanjang ada data akurat dan valid dari OPD, seperti sebaran pendidikan, kesehatan, pertanian, dan peternakan. Website Rohul Satu Peta‎ baru memuat sebagian data, belum mencakup seluruh sektor. Rohul Satu Peta memuat data real sesuai di lapangan, termasuk titik koordinat HGU dan areal perkebunan, kawasan hutan, dan lainnya, terang Nifzar. (adv/humas)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!